Akhir2ini kampanye mengenai betapa bagusnya ASI sudah sangat gencar, dan hebatnya bisa membuat para ibu2 yg lagi hamil jadi bertekad mau ngasih anaknya ASI aja, ato istilah kerennya kasih ASIX alias ASI Eksklusif.  Gw pun termasuk salah satu diantaranya. Niat sudah kuat apalagi mengingat bahwa harga Susu formula itu mihilll, jadi klo ada yg gratisan dan bagus ya kenapa nggak *emak2irit*.

Tapi ternyata niat kuat aja belum cukup, entah gwnya yang nyasar browsing (liat2belanjaan bayi) ato emang belum banyak tips2 tentang pemberian ASI dsb pada saat itu (yg alasan pertama sih kyanya :p) membuat proses pemberian ASI gw jadi ga lancar dan anak gw pun sempet minum sufor diawal2 waktu masi di RS, waktu itu krn ASI blm keluar dan anak gw terkena jaundice.

Untungnya setelah pulang dari RS ASI bisa keluar dgn lancar dan Allayna pun juga mulai bisa nyusu langsung yah butuh adaptasi sih, apalagi waktu di RS dikasih dot-nya yang lancarrr bener ga pake regulator *sigh*.

Teori2 tentang pemberian ASI itu berjalan dgn baik, seperti harus tenang, happy, dan PD bisa ngasih ASI, endebre2. Tapi ada juga beberapa org yang tetep ga seberuntung gw walopun udh berusaha ngejalanin teori2itu, jujur ya awalnya gw pun bertanya2masa sih ga bisa keluar?bukan udah dari sononya. Tapi ternyata bener lho, ada ko temen gw yang usaha banget pengen kasi ASIX ke anaknya tapi ga bisa, yah dengan berbagai alasan.

Gw tau bgt sedihnya, gw yg ga bisa kasih 3 hari pertama aja sedih bener, apalagi yang emang beneran ga bisa kasih. Klo udh gini yang bisa dilakukan hanyalah EMPATI, bukan lagi dorongan2/penyemangat dengan teori standard itu, ato bahkan men-judge si ibu yg ga bisa kasi ASI dgn sesuatu yg ngga bgt deh apalagi yaa pake sebut anak sapi *doh* ada juga ni RSIA yang bagus dan udh punya nama yang menggalakan ASIX, tp disalah satu posternya ada gambar bayi seperti nyusu ke sapi dengan tulisan gini: anak yg minum sufor=anak sapi. Nah, kalo anak bayi minum susu sapi ko disebut anak sapi, lah gw yang doyan minum susu apa namanya donk?ibunya sapi *getokpalayangketawa* :p

Balik lagi ya, diinget2 klo semua itu datangnya dari Allah, termasuk ASI yang mengalir, kita cuma bisa berusaha tapi Allah juga yang menentukan segala sesuatunya. jadi buat para ibu yang belum bisa kasi ASI ke anaknya yang sabar ya, krn ibu pasti tau yg terbaik buat anaknya🙂