Kmrn abis nengokin temen yang baru lahiran, as a new mom dia banyak nanya2 sama gw (gaya yah, kya udah beranak banyak aja gw :p) dan terlihat bingung sama segala macam nasihat orang tentang dunia per-baby-an, yang semua bermodal ‘katanya…’ kaya anaknya ga boleh dibawa ke mall, tentang dibotakin ato ngga, de el elll…

Gw bingung juga jawabnya apalagi yang tentang bawa ke mall, dia nanya kapan Allayna dibawa ke mall pertama kali, dan gw jawab waktu umur 2 bulan😀 dan dia pun manyun, karena anaknya udh 2 bulan tapi ga bole dibawa ke mall sama suaminya, terus kapan donk bolehnya?ya kapan kapan, hehehe…

Next question is imunisasi DPT+Polio+HiB skrg kan udh ada yg ga pake panas tuh, terus ditanya deh, ‘anak lo dulu imun DPT pake yg panas ato ngga?”  gw bilang yg biasa (yg pake panas) karena waktu lg bingung2 mo pilih yang mana, DSAnya bilang gini: “pake yg biasa jg gapapa bu, kan kita tau si anak demamnya krn diimunisasi, tinggal dikasi minum yg banyak sama klo anget dikompres dan kasi paracetamol” nah yaudah deh jadi begitu pulang dari RS gw stand by lah, hanya menyusui dan menyusui aja, sambil harap2cemas anak gw gpp. Tapi ya Alhamdulillahnya dari 3x imunisasi ini yg imun ke 2 Allayna ga panas samsek lho, emang DSA nya prnh bilang bisa aja ga pake demam tergantung daya tahan tubuh anaknya. Alhamdulillah… Nah pas gw cerita ini dia langsunglah berubah pikiran, tapi males debat ma suaminya.

Yah, klo udh gini gw jg milih ga ngomong apa2 deh, krn takut salah ngomong, hehehe…

Wajar bgt yg namanya ibu baru pasti banyak bingung sama ini-itu, namanya juga masuk dunia baru. Tapi klo gw jujur cape sama banyaknya nasihat dari kanan-kiri atas bawah, apalagi klo disertai bumbu sotoy😀 tambah males dah, nasehat dari ortu sendiri aja belum tentu gw telen bulet2 *bukan contoh anak baik* :p nah apalagi yang namanya tetangga, hihi… jadilah dgn bekal pengentau aja om google jadi teman setia.

Eits, tp bukan berarti problem solved lho, krn di internet juga kan banyak tulisan/hasil review manusia biasa juga, jadi mesti bisa dipilah pilah yang mana yang sesuai ato ngga. Intinya cari info sebanyak-banyaknya-pilahpilih-buang krn too much info will kill you loh, dan yg terakhir use ur feeling aja ibu-ibu🙂