Kalo lagi ngajak ania jalan pagi brp kali ada yg nanya2 soal BB dan pola makan ania ato minum susunya apa, apakah dikasi ped**sure ato ngga, mungkin krn dia keliatan gembil ya, walopun d BB nya ga termasuk gede jg si diumurnya skrg (18bln = 11kg).

Diinget2 emang ania ga prnh ada fase GTM yg berarti sih, maksudnya gini kalopun dia lg susah makan gw liat pasti ada alasannya kaya:
1. lg sakit (yangmana sama kaya kita jd krg nafsu makan)
2. lg mo tumbuh gigi,
3. lg kenyang krn abis ngemil dulu sblm makan,
4. ato ya masakan emaknya lg ga enak (eheehe.. sadar diri deh gw)
nah yg terakhir ini kejadian diumur 7 bln, desperado bgt deh waktu itu, masa baru jg mulai coba makan sebulan eh udh gtm (padahal kt org kalo awal2 makan masi semangat). ternyata stlh dicaritau penyebabnya ya itu makanannya ga enak boo, *toyorkepalasendiri*hahaha.. dan penyebab lain adl krn gw ngikutin aturan buah dulu baru sayur, jd mgkn mulutnya kebiasa rasa manis buah (yg ini ga dibahas ya, tergantung kepercayaan dr mahzab yg ada).
terus stlh gw sadar diri dan memperbaiki diri dlm memasak (hayaah lebay amat sii..) dan diakalin setiap masakan buburnya gw tambah buah pear ato apel Alhamdulillah ania mulai lahap lg makannya.
lesson learn-> belajar masak dulu ya yg bener, jgn blg bayi blm tau rasa enak jd dikasi apapun dia makan. bayi tau enak dan ga enak, tp bkn berarti jd dikasi yg gurih2lho😉

selain itu ada bbrp tips biar anak mudah makan:
– variasi makanan sejak dini
yup, selain no 3G (Garam, Gula, msG) *yg terakhir maksa* sebisa mungkin gw ngenalin sebanyak2nya jenis dan rasa makanan, dan cara pengolahan jg, jd ga semua makanan di puree.
oiya sama gw pernah dikasi buku resep makanan bayi, yg semuanya puree campuran
jenis2makanan sehat dan bergizi, tapiii setelah dipikir2 kombinasi rasanya kayanya ga cucok jd ga gw ikutin.
basically si makanan bayi sama aja kan sama makanan sehat org dewasa, bedanya dibuat lbh halus dan tanpa 3G tadi. gmn caranya ttp ada rasa enak klo umur udh diatas 9 bln (yg mana udh mulai GTM) bisa mulaiditambahin bumbu2 simpel kaya dipakein bawang2an, ditumis sama butter, kasi kuah kaldu buatan sendiri ato dikasi keju, itu aja udh cukup enak ko😉
lesson learn: lebih variatif, kreatif dan inovatif halah, kaya iklan)

– ada yg blg GTM itu turunan, awalnya gw ga percaya. tapi kalo dipikir2 bener juga lho, misalnya ni kita picky eater ga mau mkn sayur, terus krn anaknya ga prnh liat ortunya mkn sayur otomatis dia jg ga mau, krn umur2nya baby emang masi meniru
dan gw pun sebernya picky eater dulunya, untung prnh jadi anak kos yg suka menipis dompetnya jd bljr utk makan apa aja, seadanya asal bergizi.
lesson learn: sblm paksa anak utk makan makanan sehat, sebaiknya biasakan diri kita jg utk makan makanan yg sehat dan bergizi.

– no target
oiya gw jg ga pernah ngitung brp suap makanan yg udh masuk, yaa saya terlalu pemalas, haha… jd klo anak ini udh makan 3-5 suap aja gw udh lega, sisanya terserah anda😉 soalnya kalo ngga gw bisa sutris sendiri.
lagipula gw prnh baca di babycenter klo std kecukupan gizi bkn diitung per sekali makan CMIIW🙂
lesson learn->turunkan ekspetasi berlebihan

last, jgn abaikan faktor keturunan, keponakan gw makannya banyak tp badannya ceking, mgkn krn emak babenya jg kurus

PS: i wrote this for my own archive if someday ania have her little sister or brother (amiiin) soalnya gw ni pelupa bgt hehe..oiya resep nanti ditulis di bag terpisah ya..🙂