saya suka menawar, puas rasaya kalo pada saat membeli sesuatu, bisa ditawar dan dapet harga lebih murah, istilahnya berasa dpt best price, ihiiy…

menawar emang sah2aja, asal bukan di supermarket ato dept.store besar ya, bisa diketawain sama semua orang nanti.

tetapi menawar juga ada tekniknya loh, ga cuma dengan coba mulai nawar setengah harga yang ada ntar malah dibanting sama pedagangnya, haha.. eh tapi ini kisah nyata, duluuu ya jaman sma waktu lagi seneng2nya ke melawai gw liat sendiri ada orang nawar sendal ga sopan, sampe itu sendal dilempar sama abangnya pas org tsb pura2pergi (dgn harapan dipanggil lg dan dikasi harga murah) untung ga kena kepalanya mbak.. *sadis*

Barang yang dipengen ga dapet, krn si penjual pun ilfil, ditambah malu pula diliatin org banyak. Makanya itu gw bilang nawar barang pun ada caranya ya (ehem..ilmu kerja di group procurement nih):

1. caritau harga pasar,
kalo gw ya, misal naksir barang tertentu, gw bakal ngider2dulu deh utk caritau emang dipasaran harga barang ini berapa sih, pasti kan beragam, kalo ktmu yg paling murah yaudh rejeki bisa lgsg beli, kalo ngga yaudin coba tawar sampe batas minimum dari harga pasar. misalny ni ya harga pasaran leging kisaran 50rb-an, eh masa keukeuh ditawar jd 20rb, baru setengah jait jangan2, haha… plus penjual juga kan kudu mikirin cost lain2nya.

2. sopan ya pliiis…
kadangkala pedagang suka nawarin promo, klo udh promo yaudah atuh neng, disyukuri eh masa masiii aja minta bonus lagi, jadi kaya pepatah bilang udh dikasi ati minta daging namanya :p

3. menawar dgn cerdas
cerdas itu kan identik dgn pinter ya, cepet ngerti gitu, kalo bahasa jawanya mudeng. nah jadi jgn kaya si oneng di sinetron itu. si pedagang udah nyoba deal sampe mana, eh dia balik lg mulai nawar dari awal *tepokjidat,tepokpantat*

4. take it or leave it
intinya si kalo udh naksir bener ma satu barang tapi (menurut pendapat pribadi) secara harga masi diatas harga pasar yaudaah tinggalin aja. tong pakeukeuh keukeuhlah, ga mau kan sampe digalakin sama pedagang, kan pembeli adalah raja. Masa raja disemprot saudagar, krn si raja ngggemesin..😀

sekian dan trimikisi🙂